Jumat, 28 Januari 2011

Garuda Tidak Lagi Takut Duel

Kalahkan Pelita di Laga Ujicoba 
JAKARTA – Garuda Flexi Bandung menjadi tim yang mengalami perkembangan paling signifikan di National Basketball League (NBL) Indonesia 2010-2011. Terseok-seok di dua seri awal, Denny Sumargo dkk mampu bangkit dan tancap gas di seri ketiga dan keempat.
Tren tersebut berpeluang terulang di seri kelima yang akan diselenggarakan di Hall A Senayan, Jakarta, pada 5–13 Februari. Bahkan, melihat persiapan Garuda sejauh ini, mereka berpotensi lebih garang.
Salah satu tandanya adalah sukses Garuda mengalahkan Pelita Jaya (PJ) Esia Jakarta 87-84 dalam laga uji coba di Hall A Senayan, Jakarta, kemarin (27/1). Seperti diketahui, PJ adalah pemuncak klasemen sementara NBL. Dengan hanya sekali kalah, unggul dua kemenangan atas pesaing terdekat, PJ sangat berpeluang menjadi juara musim reguler.
Salah satu kunci kemenangan Garuda dalam uji coba kemarin adalah keberanian Denny Sumargo dkk untuk duel badan alias body contact. Dengan bermain lebih physical, Garuda mampu menunjukkan permainan yang lebih solid.
”Pertandingannya menarik. Tapi, yang paling penting adalah para pemain sudah berani body contact. Mereka tak cengeng lagi ketika melakukannya. Ini perkembangan yang menyenangkan,” jelas Denny setelah uji coba.
Menurut Denny, karakter itulah yang hilang pada awal-awal NBL Indonesia. Buntutnya, tim kebanggan Bandung tersebut kesulitan memetik kemenangan. Termasuk ketika bersua tim-tim yang di atas kertas sebenarnya mampu mereka tundukkan.
Mantan penggawa timnas itu tak khawatir dengan body contact. Tentu saja sepanjang tidak melanggar aturan-aturan yang ada. ”Kalau wasit tak memberikan peringatan, artinya kan tidak ada masalah. Memang seperti ini kalau mau jadi juara. Kami harus total ketika berada di dalam lapangan,” tegas Denny.
Pelatih Garuda Johannis Winar juga menganggap timnya terus menunjukkan peningkatan. Namun, dia berpesan agar kemenangan kemarin tidak membuat pemainnya besar kepala.
”Semua ini berkat latihan defense yang kami lakukan. Menjelang seri kelima ini, kami memang terus memantapkan defense. Porsi latihan defense lebih besar daripada offense,” tambah pelatih yang akrab disapa Ahang tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger